15 Desember 2010

Proposal Fiktif

Proposal Fiktif. He... Ini sebenarnya adalah tugas mata kuliah Seminar Hukum Keluarga Islam saya semester VI lalu. Tugas ini diberikan sebagai pengganti Ujian Akhir Semester. Karena mata kuliahnya mengenai seminar, maka kami ditugaskan seakan-akan menjadi orang yang berperan di dalamnya, entah sebagai apa, ketua panitia yang menyusun proposal kegiatan, atau narasumber yang menjadi pembicara lengkap dengan handnotenya.
Yang namanya atau berarti bisa milih salah satu. Karena saya merasa tema ini belum banyak di kenal orang, pada akhirnya dengan semangatnya saya menyusun dua-duanya. Ya propsal ya handnote. ya ini lah jadinya. Mohon maaf kalau ada kesamaan nama, tempat atau tanggal. Karena namanya prposal fiktif jadi isinya ya fiktif semua. Namun sebenarnya saya bermimpi, suatu saat seminar ini pada akhirnya jadi kenyataan. Dan saya benar-benar jadi pembicaranya, he...
Handnotenya diposting selanjutnya aja ya... Biar g' pwanjang2 amat,he...

PANITIA PELAKSANA TRAINING MOTIVASI DAN PENGEMBANGAN PRIBADI
Pondok Pesantren DARUL HUDA
Mayak Tonatan Ponorogo Jawa Timur

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No 38 Mayak Tonatan Ponorogo Jawa Timur Telp 0352 (461093) 0352 (486964)

PROPOSAL TRAINING MOTIVASI DAN PENGEMBANGAN PRIBADI
Dengan Tema
“Yuk Kenali Potensi Diri, untuk Menggapai Kebahagiaan Masa Depan Nanti”

A. Latar belakang
Pondok Pesantren Darul Huda sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam telah menyusun sistem pendidikan sedemikian rupa demi mewujudkan visinya mencetak santri yang Berilmu, Beramal, Bertakwa dan Berakhlakul Karimah. Melalui berbagai kegiatan baik intra ataupun ekstrakulikuler, Pesantren telah berupaya meningkatkan sumber daya manusia yang dapat bermanfaat bagi lingkungannya. Hal ini dapat dilihat dalam kegiatan keorganisasian sebagai sarana belajar membimbing umat, kegiatan kaligrafi sebagai sarana keterampilan dan kewirausahaan dan sebagainya.
Akan tetapi berbagai kegiatan yang menunjang pendidikan formal pada MTs MA “Darul Huda”dan non formal pada Madrasah Diniyah “Miftahul Huda” dirasa belum mampu meningkatkan kualitas santri secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh berkembangnya waktu dengan berbagai kemajuan teknologi dan informasi yang ada. Perkembangan ini menuntut santri lebih siap dalam menghadapi lingkungannya kelak. Selain itu, dunia Islam secara umumnya membutuhkan generasi muda penerus syiar Islam yang berkompeten dalam bidangnya.
Ada kalanya kelak masyarakat membutuhkan santri sebagai pemuka agama yang ahli dalam hal keagamaan. Ada kalanya pula masyarakat membutuhkan santri yang terampil berwirausaha mengembangkan lingkungannya menjadi lebih sejahtera. Untuk mewujudkan karakteristik santri yang demikian, di butuhkan pemahaman masing-masing santri akan kemampuannya. Sehingga dalam menjalani kehidupan lebih terarah dan dapat bermanfaat bagi dirinya pribadi, keluarga, masyarakat dan Islam secara umum.
Pemahaman santri akan kemampuan pribadinya ini sangat dibutuhkan untuk masa depannya kelak. Tidak sedikit santri yang setelah keluar dari Pesantren belum memiliki keterampilan yang cukup ketika terjun di masyarakatnya. Adapun pemahaman ini dapat dicapai dengan mengenali potensi diri berdasarkan kecerdasan yang dimiliki.
B. Tujuan
Di antara tujuan diadakannya Training Motivasi Dan Pengembangan Pribadi Dengan Tema “Yuk Kenali Potensi Diri, untuk Menggapai Kebahagiaan Masa Depan Nanti” ini adalah:
1. Mempersiakan alumni santri Pondok Pesantren DARUL HUDA yang mampu mengemban amanah sebagai khalifah di masyarakat.
2. Meningkatkan kualitas pribadi santri Pondok Pesantren DARUL HUDA
3. Merealisasikan santri Pondok Pesantren DARUL HUDA yang Berilmu, Beramal, Bertakwa dan Berakhlakul Karimah
4. Mengarahkan santri menjadi ilmuwan, seniman, sastrawan, dan profesi lainnya yang ahli dalam bidangnya tanpa meninggalkan identitas santri yang Berilmu, Beramal, Bertakwa dan Berakhlakul Karimah

C. Narasumber dan Peserta
Narasumber dalam Training Motivasi Dan Pengembangan Pribadi Ini adalah Saudari Zulfa Mustaghfiroh. Alumni Pondok Pesantren Darul Huda Putri, kini melanjutkan studi di IAIN Sunan Ampel, konsentrasi pada Fakultas Syariah, Jurusan al Ahwal Asy Syakhsiyah, Semester VI
Adapun peserta dalam kegiatan ini ada seluruh santri beserta pembimbing kamar dan Asatidz dan Ustadzah.
D. Waktu dan Tempat
Adapun kegiatan ini insyaAlloh akan dilaksanakan pada:
Hari, Tanggal : Rabu, 21 Juli 2010
Tempat : Aula Pondok Pesantren Darul Huda
E. Susunan Panitia
Terlampir (Mohon maaf tidak dilampirkan, karena terlalu banyak)
F. Anggaran Dana
Terlampir
G. Jadwal Kegiatan
Terlampir
H. Penutup
Demikian susunan proposal ini kami haturkan. Semoga dengan diadakannya Training Motivasi Dan Pengembangan Pribadi Dengan Tema “Yuk Kenali Potensi Diri, untuk Menggapai Kebahagiaan Masa Depan Nanti” ini, santri Pondok Pesantren Darul Huda dapat menggali potensi pribadinya demi mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Amiin.
Akhirnya, Atas kerjasama semua pihak kami sampaikan terima kasih., jazaakumullah khairal jazaa’.

Ponorogo, 17 Juni 2010
Training Motivasi Dan Pengembangan Pribadi
Yayasan Pondok Pesantren Darul Huda


Tertanda
Panitia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar